Mengapa England ikut piala Dunia?

Sering kali saya mendengar orang menyebut Inggris (Kerjaaan Inggris) dan Inggris Raya. Setelah pindah kesini ada lagi England yang juga berada di Inggris. Karena penasaran akhirnya saya mencoba mencari tahu lebih jauh mengenai hal ini.


British Isles adalah Kepulauan di Laut Atlantik Utara yang terletak di sisi barat daya benua Eropa. Kepulauan ini terdiri dari Pulau Inggris Raya (Great Britain island), pulau Irlandia (Ireland  island), pulau Isle of Man (Isle of Man island) dan lebih dari 6000 pulau-pulau kecil di sekitarnya. Kalo membandingkan dengan Indonesia, mungkin British Isles ini hampir mirip dengan istilah Nusantara.


Great Britain, atau Inggris Raya, adalah nama pulau besar di kepulauan British Isles. Dengan kata lain, penyebutan Great Britain atau Inggris Raya adalah mengacu pada nama pulau.


United Kingdom, atau Kerajaan Inggris, adalah istilah yang lebih sering digunakan sebagai penyingkatan dari United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, adalah negara pemerintahan yang terletak di British Isles. Negara ini terdiri dari pulau Inggris Raya, pulau Irlandia bagian timur laut, dan pulau-pulau kecil lainnya. Kerajaan Inggris terdiri dari 4 negara tanpa pemerintahan sendiri, yaitu England, Northern Ireland (Irlandia Utara), Scotland (Skotlandia) dan Wales. Keempat negara ini berada langsung di bawah Parliament of United Kingdom (Parlemen Kerajaan Inggris).


Republic of Ireland adalah negara dengan pemerintahan lain yang juga terletak di British Isles, tepatnya di pulau Irlandia.


Nah, setelah membaca istilah-istilah di atas mungkin sekarang menjadi lebih jelas saat orang berbicara Inggris itu berarti mengacu ke Kerajaan Inggris, Inggris Raya berarti mengacu ke nama pulau dan England, Skotlandia, Irlandia Utara serta Wales adalah negara yang berada di bawah pemerintahan Inggris Raya.


Ini akhirnya menjawab pertanyaan saya sewaktu menonton pertandingan sepak bola piala dunia 2018. Kenapa England ikut pertandingan piala dunia? Jawabannya adalah meski England secara pemerintahan bertanggung berada di bawah parlemen Kerajaan Inggris, namun sebagai negara mereka memiliki tim nasional sepak bola sendiri. Tidak ada tim sepakbola Kerajaan Inggris tetapi yang ada adalah tim sepakbola England, tim sepakbola Skotlandia, tim sepakbola Irlandia Utara dan tim sepakbola Wales.

Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan di Inggris (bag. 1)

Makanan Halal - Bag. 1

Makanan Halal - Bag 2