Makanan Halal - Bag 2

oleh Noer Aliya Yahya

Bismillaahirrohmaanirrohiim,
Setelah mengetahui keberadaan badan sertifikasi halal di Inggris, selanjutnya saya akan bahas bagaimana dan dimana bisa mendapatkan makanan halal tersebut.
Untuk memudahkan penulisan, saya akan membagi tulisan ini dalam beberapa katagori:
  • Daging Mentah (halal meat)
  • Restoran Siap Saji
  • Makanan Jadi (packed food)

Daging

Hukum di Kerajaan Inggris mewajibkan semua binatang dibius (stunned) sebelum disembelih. Alhamdulillaah aturan ini tidak berlaku untuk penyembelihan daging halal (dan kosher, aturan diet Yahudi) dengan tata tertib yang tetap di atur oleh pemerintah. Lihat link referensi untuk informasi detil.
Cukup banyaknya populasi muslim di Inggris, menumbuhkan industri makanan halal dan ekonomi muslim. Rumah potong untuk daging halal pun menjamur di daerah dengan populasi muslim yang cukup signifikan. Selain itu beberapa supermarket besar mempunyai outlet yang menyediakan halal section terutama di daerah yang memiliki demand daging halal. Restoran yang menyediakan daging halal diantaranya:
  1. Tesco: Memiliki halal section yang menyediakan ayam, daging sapi dan daging kambing dalam bentuk kemasan. Selain daging mentah terdapat juga daging yang sudah diberi bumbu dan siap masak seperti bumbu peri-peri, jerky, tandoori, dll.
  2. Sainsburry: Memiliki halal section yang menyediakan ayam, daging sapi dan daging kambing dalam bentuk kemasan.
  3. ASDA: Memiliki halal section yang menyediakan ayam, daging sapi dan daging kambing. Selain daging mentah terdapat juga daging yang sudah diberi bumbu seperti bumbu peri-peri, jerky, tandoori, dll. Pada outlet tertentu juga menyediakan butcher (tukang daging) yang bisa membantu menyesuaikan daging sesuai kebutuhan kita.

Restoran Siap Saji

Saat ini semakin banyak restoran siap saji yang menyediakan makanan halal baik yang dimiliki oleh muslim maupun yang berupa jaringan restoran siap saji lokal maupun internasional. Sebelumnya sebagaimana pada posting saya sebelumnya tentang badan sertifikasi halal di Inggris, perlu dipahami adanya lembaga yang mengizinkan binatang dibius (tidak sampai mati) sebelum disembelih dan ada yang tidak mengizinkan sama sekali. Untuk itu saya akan mencantumkan lembaga yang mengeluarkan sertifikat untuk restoran tersebut.

Restoran yang memiliki sertifikat halal akan mencantumkan informasi halal di restoran mereka. Selain bermanfaat menjadi informasi untuk muslim, hal yang sama untuk non muslim, pemasangan tanda halal adalah untuk menginformasikan mereka bahwa daging yang disajikan adalah daging halal sehingga mereka memakan daging halal tersebut dengan sadar. Hal ini dipicu adanya keberatan dari kalangan non muslim yang merasa tidak sepakat dengan konsep daging halal.

Selain itu untuk jaringan restoran siap saji yang menyediakan makanan halal, tidak berarti semua outlet menyediakan makanan halal. Untuk itu harus selalu dipastikan apakah outlet yang akan kita masuki adalah outlet yang menyediakan makanan halal atau tidak.

Hal lain yang harus diperhatian adalah pemahaman pengertian halal masih beragam. Restoran yang mendapatkan sertifikasi halal dari badan sertifikasi berarti telah menjalani keseluruhan proses audit untuk memastikan makanan yang disajikan halal (halal food). Namun ada restoran yang tidak mendapatkan sertifikasi halal namun daging yang digunakan mendapat sertifikasi dari lembaga sertifikasi halal. Artinya yang halal adalah dagingnya, namun makanan yang dihasilkan tidak ikut dalam proses sertifikasi halal (halal meat/chicken).


Restoran yang mendapat sertifikasi halal adalah:
KFC
Lembaga yang melakukan sertifikasi halal untuk KFC adalah Halal Food Authority (HFA). Sampai saat tulisan ini saya posting, terdapat 110 dari sekitar 900 outlet yang mendapatkan sertifikasi halal.


Subway
Lembaga yang melakukan sertifikasi halal untuk Subway adalah The Islamic Foundation of Ireland. Sampai saat tulisan ini saya posting, terdapat 202 dari sekitar 2000 outlet yang mendapatkan sertifikasi halal.


Chicken Cottage
Lembaga yang melakukan sertifikasi halal untuk Chicken Cottage adalah Halal Monitoring Committe (HMC). Restoran siap saji yang membuka cabang pertamanya di Wembley tahun 1994. Saat ini 70% sahamnya dimiliki oleh Perusahaan Malaysia dan saat ini memiliki cabang di luar Inggris dan Malaysia.


Krispy Kreme
Lembaga yang melakukan sertifikasi halal untuk donut Krispy Kreme adalah Halal Food Authority (HFA). Jaringan donut AS ini mempuyai lebih dari 100 outlet di Inggris.


Pepe’s Peri Peri
Mendapatkan sertifikasi halal dari Halal Monitoring Commitee (HMC), Pepe’s Peri Peri adalah jaringan restoran lokal Inggris yang saat ini memiliki lebih dari 80 outlet tersebar di Inggris Raya dan juga di Irlandia, AS dan Pakistan.


Restoran Malaysia di London
Beberapa Restoran Malaysia yang  menempelkan logo halal di restoran:
  • Tukdin Flavours Malaysia Restaurant di Craven Road
  • Melur Restaurant di daerah Edgeware
  • Rasa Sayang Restaurant di daerah Chinatown
  • Roti King di daerah Euston
Rumah Makan/Kedai Mediteranian dan Asia Selatan
Makanan lain yang cukup mudah ditemukan di Inggris terutama di kota besar adalah kebab dan Briyani. Keberadaan kedai-kedai ini benar-benar menjadi alternatif solusi makanan halal di sini.

Makanan Jadi (prepacked food)

Referensi:

Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan di Inggris (bag. 1)

Makanan Halal - Bag. 1