Pendidikan di Inggris (bag. 1)

Bismillaahirrohmaanirrohiim,

Setelah kami memutuskan untuk hijrah ke sini, saya pun mulai mencari informasi tentang pendidikan di Inggris, mulai dari awal tahun ajaran, jenjang pendidikan, biaya sekolah, bagaimana proses menerima siswa baru dan banyak hal lagi.

Akhirnya setelah cukup banyak informasi yang saya dapatkan alhamdulillaah saya berhasil rangkum beberapa hal yang berlaku secara umum, yaitu:
  1. Tahun ajaran di Inggris secara umum dimulai pada awal September dan berakhir pada pertengahan atau akhir Juli tahun berikutnya. 
  2. Pada umumnya sekolah memiliki (tiga) term dan di setiap term dibagi dalam setengah term dengan libur half term di antaranya.
  3. Autumn Term (musim gugur) dimulai awal September sampai dengan pertengahan Desember dengan libur half-term pada akhir Oktober.
  4. Spring Term (musim semi) dimulai awal Januari dan berakhir pertengahan April dengan libur half-term pada pertengahan Februari.
  5. Summer Term (musim panas) dimulai akhir April dan berakhir pada pertengahan Juli dengan libur half-term pada akhir Mei atau awal Juni.

Compulsory  School Age (CSA)

Terjemahan bebasnya kira-kira sama dengan usia wajib belajar, istilah ini digunakan oleh Pemerintah Inggris untuk menunjukkan kapan seorang anak wajib mulai masuk sekolah dan kapan mereka lepas kewajibannya untuk bersekolah.

CSA ini dimulai pada tanggal 1 bulan Januari, April atau September tepat setelah anak tersebut berulang tahun yang ke-5. Jadi anak yang lahir pada tanggal 4 maret 2000, maka CSA-nya adalah pada 1 April 2005.

Bolehkah saya tidak menyekolahkan anak saya? Hukum di Inggris mewajibkan anak-anak bersekolah di state schools atau state-accredited private schools pada periode wajib belajar kecuali kondisi-kondisi tertentu seperti homeschooling. Lihat link referensi untuk informasi lebih detil.

Bolehkan anak saya tidak masuk sekolah selain karena sakit? Boleh, asal mendapatkan izin dari sekolah. Orang tua yang anaknya tidak masuk sekolah tanpa mendapatkan izin dari sekolah (unauthorised absent) bisa mendapat denda mulai dari £60 per anak per orang tua hingga maksimal £2500 dan kurungan penjara sampai dengan 3 (tiga) bulan.    

CSA akan berakhir pada akhir tahun ajaran dimana anak tersebut berusia 16 tahun. Dengan kata lain anak usia 17 tahun sudah tidak memiliki kewajiban bersekolah di Inggris.

Apa efek berakhirnya CSA? Pengaruhnya salah satunya adalah terhadap subsidi dan potongan pajak yang diterima orang tua. Lihat link referensi untuk informasi lebih detil.

Key Stages

Jenjang pendidikan di Inggris dibagi menjadi 6 (enam) key stage (KS), yaitu:
  1. Early Years, terdiri dari Nursery (usia 3-4) dan Reception (usia 4-5)
  2. KS1, terdiri dari Year-1 (usia 5-6) dan Year-2 (usia 6-7)
  3. KS2, terdiri dari Year-3 (usia 7-8), Year-4 (usia 8-9), Year-5 (usia 9-10), Year-6 (usia 10-11)
  4. KS3, terdiri dari Year-7 (usia 11-12), Year-8 (usia 12-13)
  5. KS4, terdiri dari Year-9 (usia 13-14), Year-10 (usia 14-15), Year-11 (usia 15-16)
  6. KS5, terdiri dari Year-12 (usia 16-17) dan Year-13 (usia 17-18)

Melihat pembagian key stages berarti usia wajib belajar di Inggris hanya sampai KS4. Setelah itu anak dapat memilih untuk melanjutkan ke KS5 (further education) atau bekerja. Lihat link referensi untuk informasi lebih detil.

Final Exams

Tidak seperti di Indonesia yang masing-masing jenjang pendidikan ditandai dengan ujian akhir, di Inggris ujian akhir pertama kali baru dijalani anak di akhir jenjang KS2 (Year 6). Secara detil ujian akhir yang diselenggarakan secara nasional di Inggris adalah sebagai berikut:
  1. KS2: SAT (Standard/Statutory Assessment Test)
  2. KS4: GCSE (General Certificate of Secondary Education)
  3. KS5: A-Levels (Advanced Level)

School Category

Pembagian jenis sekolah di Inggris dapat dibagi ke dalam beberapa kategori:
  1. Berdasarkan pendanaan, sekolah dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu:
    1. State School: Dibiayai oleh pemerintah sehingga orang tua tidak perlu membayar biaya sekolah. Kurikulum pada sekolah ini mengacu kepada Kurikulum Nasional yang ditetapkan pemerintah Inggris.
    2. Independent School: Disebut juga private school, tidak dibiayai pemerintah sehingga menarik uang sekolah dari orang tua untuk membiayai operasional sekolah. Sekolah memiliki kewenangan untuk mengatur kurikulum sesuai visi sekolah.
  2. Berdasarkan Jenjang Pendidikan, sekolah dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
    1. Nursey, juga disebut Pre-School atau Kindergarten, yaitu sekolah untuk anak pada jenjang early years (usia 3-5 tahun)
    2. Primary School, yaitu sekolah untuk anak pada jenjang KS1 dan KS2 (usia 5-11 tahun). Istilah lain untuk sekolah ini adalah Junior School.
    3. Secondary School, yaitu sekolah untuk anak pada jenjang KS3 dan KS4 (usia 11-16) dan sebagian menyelenggarakan hingga KS5 (16-18). Istilah lain untuk sekolah ini adalah High school.
    4. College, yaitu sekolah untuk anak pada jenjang KS5 (16-18 tahun). Istilah lain adalah Sixth Form yaitu bagian dari Secondary School yang khusus menyelenggarakan jenjang KS5.
  3. Berdasarkan penerimaan murid baru, sekolah dapat dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:
    1. Comprehensive School, yaitu sekolah yang siapa saja dapat sekolah disana tidak tergantung pada kepandaian akademik. Biasanya dikelola oleh Local Education Authority (LEA), semacam pemerintah daerah, sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat.
    2. Grammar School, disebut juga selective schools, yaitu sekolah yang menerima murid berdasarkan hasil test (11-plus exam) yang diadakan pada awal Year 6 saat anak berusia 10-11 tahun.  
  4. Berdasarkan Pengelolaan operasional, sekolah dapat dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:
    1. Academic dan Free Schools, yaitu state schools yang memiliki kewenangan lebih dalam mengelola operasional sekolah baik dalam hal kurikulum, waktu sekolah dan juga kriteria penerimaan murid baru. Sekolah ini tidak berada dalam pengelolaan LEA karena pendanaannya langsung dari pemerintah pusat.
    2. Faith School, yaitu sekolah yang tetap mengikuti kurikulum nasional namun memiliki kewenangan lebih pada pengajaran agama.
  5. Berdasarkan waktu penyelenggaraan sekolah, sekolah dapat dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:
    1. Day School, yaitu sekolah yang waktu sekolahnya dari pagi hingga sore.
    2. Boarding School, yaitu sekolah yang menyediakan asrama bagi siswanya.

Referensi:


  1. Education in England: https://en.wikipedia.org/wiki/Education_in_England
  2. Child Tax Credit when your child reaches 16: https://www.gov.uk/child-tax-credit-when-child-reaches-16
  3. Home Education: https://www.gov.uk/home-education




Comments

Popular posts from this blog

Makanan Halal - Bag. 1

Makanan Halal - Bag 2