Makanan Halal - Bag. 1



Badan Sertifikasi Halal

oleh Noer Aliya Yahya
Bismillaahirrohmaanirrohiim,

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Al-Baqoroh: 173).

Setelah mengetahui ternyata Islam adalah agama terbesar kedua di Inggris, hati saya menjadi jauh lebih tenang. Bagaimana tidak, tentunya salah satu implikasinya pada makanan halal. Setidaknya cukup banyaknya populusi muslim meredakan kekhawatiran saya tentang sulitnya mendapatkan makanan halal di Inggris.

Sebelum membicarakan makanan halal, tentu pertanyaannya adalah siapa yang memberi sertifikat halal di Inggris? Setidaknya ada 12 (dua belas) lembaga yang melakukan sertifikasi makanan halal di Inggris sebagaimana disebutkan pada penelitian yang dilakukan oleh Universitas Bristol, Inggris. Saya hanya menuliskan 2 (dua) lembaga yang paling besar, yaitu:

Halal Monitoring Comitee (HFC)

An independent, not for profit, registered charity which monitors, inspects and certifies Halal products for the benefit of the Muslim community.”

  • Penyembelihan dilakukan secara manual (dengan tangan) tidak dengan mesin.
  • TIDAK mengizinkan pembiusan sebelum penyembelihan
  • Basmallah dan takbir harus dibacakan setiap kali penyembelihan, tidak menggunakan perekam.
  • Rumah potong tidak boleh bercampur dengan pemotongan babi.

Halal Food Authority (HFA)


An independent, voluntary nonprofit organization, part of a registered charity involved in the supervision, inspection, audit, certification, and compliance of halal principles and practices in the UK food and beverages industry”.

  • Penyembelihan dilakukan secara manual (dengan tangan) tidak dengan mesin.
  • MENGIZINKAN pembiusan sebelum penyembelihan dengan syarat pembiusan tidak menyebabkan binatang mati sebelum disembelih.
  • Basmallah dan takbir harus dibacakan setiap kali penyembelihan, tidak menggunakan perekam.
  • Rumah potong tidak boleh bercampur dengan pemotongan babi.
Keberadaan badan sertifikasi halal di Inggris tentunya amat melegakan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa di sisi lain banyaknya lembaga disertai keberadaan yang saling berdiri sendiri membuat umat bingung. Belum lagi perbedaan interprestasi tentang definisi halal antara satu lembaga dengan lembaga lain yang berujung pada perbedaan prakterk sertifikasi.

Saya berharap ke depannya badan sertifikasi ini bisa saling bekerja sama sehingga mampu saling menguatkan umat, In Syaa' Allah.

Referensi:


  1. Halal food Certification in the UK and its impact on food businesses: A review in the context of the European Union https://research-information.bristol.ac.uk/files/105605585/Halal_Certification_Accepted.pdf
  2. Halal Monitoring Comitee: https://halalhmc.org/about/
  3. Halal Food Authority: https://www.halalfoodauthority.com/faqs

Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan di Inggris (bag. 1)

Makanan Halal - Bag 2